Engineer Telco Harus Bisa Excel? Masa sih?

Suka pada gak percaya kalo dikasih tau kerjaan sebagai engineer telco itu banyakan di XLS atau PPT. Padahal beneran lho. Karena yang dikerjain itu kan ada banyak datanya, dan kerjaan engineer macam OSS atau RNO, atau bahkan sekedar RF dan DT engineer, dituntut bisa pake XLS. Soalnya biasanya data-data yang dipake kan ada templatenya, nah kadang mentahannya itu berupa XLS, nanti di taruh di PPT sebagai Chart atau summary report. Itu salah satu contoh aja. Karena biasanya data pendukung ada di XLS, nanti PPT sebagai report yang di deliver ke customer atau sekedar buat meeting.

Saya coba kasih contoh beberapa skill XLS dan keperluannya di masing-masing level.

OSS

Udah jelas lah ya, sebagai OSS Engineer udah wajib banget ngerti XLS. Kalo data-data yang direquest oleh RNO, terkadang udah dalam bentuk tabel atau raw data yang ada templatenya, dan format paling mudah ya CSV atau XLS. CSV pun ngolahnya kebanyakan pake XLS kan? Jadi misalnya OSS dimintain data KPI Performance 10 site cluster, sedangkan raw datanya ada 100 site, berarti OSS harus bisa nge-filter 10 site tadi kan? Nah, otomatis XLS pun perlu dipake. Meskipun tidak dipungkiri kalo OSS jaman sekarang cuma bisa XLS dan U2K (atau semacamnya seperti U2020) bakal dianggap kurang joss, karena biasanya mereka dituntut punya database berupa data hourly ataupun daily. Tapi kalo gak bisa XLS? Ya lebih susah lagi kan? karena kadang data query yang ditarik dari U2K juga berupa CSV yang mesti diolah dengan XLS.

DT Engineer

Masa sih DT Engineer butuh skill XLS? Jangan salah, DT juga butuh banget XLS untuk hitung-hitungan. Misal dari Log DT yang sudah diolah di Mapinfo udah ketemu datanya, penghitungan jumlah sampel untuk menentukan achieved atau not achieved ya pake tabel di XLS juga. Kalo harus manual pake aplikasi calculator, ribet banget bro....Tinggal dikasih template oleh RNO nya misalnya dalam bentuk tabel, dan DT Engineer cukup ngisi template itu, hasilnya udah pasti sesuai dengan formula yang udah dibuat.

RF Engineer

RF Engineer selain sebagai penjembatan antara RNO dan tim lapangan baik DT atau pun Rigger, wajib bisa XLS juga untuk melakukan update tracker, bikin plan harian dalam bentuk tabel dan juga ngolah data-data dari DT atau pun Rigger. Minimal bisa bikin tracker sendiri lah untuk kerjaannya. XLS? Wajib!

RNO

Ini sih udah jelas, kerjaan RNO tiap hari ya XLS dan PPT kan untuk reporting. Ngoptim, bikin script MML, jauh lebih mudah kalo dikerjain dengan bikin template atau tools sendiri dengan XLS. Jadi mau ngoptim atau mau bikin report, XLS pasti dipake...
Belum kerjaan-kerjaan nyortir site di tracker, update tracker atau nyortir WPC dari Dashboard. Banyak lah dokumennya yang berupa XLS.

Jadi gitu teman-teman yang pengen tau tentang gimana XLS sangat berguna di dunia telco. Mungkin semua kerjaan office ya pasti butuh XLS, tapi untuk telco kadang sangat massive. Sampai kalo XLS udah ga bisa handle datanya, biasanya beralih ke Access yang gampang, atau bahkan bikin database. Tapi ya tetap aja, kadang kalo butuh cepet, biasanya ngolahnya di XLS.


Tag : Sharing, Skills, XLS
0 Comments for "Engineer Telco Harus Bisa Excel? Masa sih?"

Back To Top